Berita

Kapolri Tito Karnavian Copot Kapolda Papua Rudolf Alberth Rodja

                                    Kapolda Papua Irjen Rudolf Rodja

JARRAKPOS – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja sebagai Kapolda Papua.

Dia diganti oleh Irjen Paulus Waterpau yang sebelumnya ditransfer Analisis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara Rudolf dimutasi dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Mutasi pejabat kepolisian ini mengumumkan dalam surat telegram nomor ST / 2569 / IX / KEP / 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi ini tidak terkait dengan kerusuhan di Papua selama lebih banyak. Kerusuhan itu dipicu oleh kasus rasialis terhadap pelajar Papua di Surabaya.

“Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi polri sebagai tur tugas danwisata daerah , penyegaran, promosi dan dalam rangka peningkatan kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promotor,” kata Dedi.

Untuk diketahui, rentetan kerusuhan di beberapa wilayah di Papua telah terjadi selama beberapa hari sejak kasus rasial dalam pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya membesar menjadi kerusuhan. Kerusuhan kini telah dilepaskan.

Karena peristiwa itu, polisi mengeluarkan publikasi yang melibatkan Papua sebagai tersangka seperti Veronica Koman, Ambrosius hingga Surya Anta.

Sementara dari pihak yang mengeluarkan rasial baru menyetujui Syamsul Arifin (SA) menjadi tersangka ujaran terhadap mahasiswa Papua, sedangkan Tri Susanti menjadi tersangka ujaran kebencian dan menyebarkan berita bohong. 

 

Jarrakposbali.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close