Daerah

Dukung Program Kabupaten Organik, 3 Desa di Kabupaten Buton Utara Gelar Pelatihan Pestisida Nabati

Buranga, Jarrakpos Sultra – Dalam upaya mendukung program pemerintah daerah menjadi Kabupaten Organik, 3 (tiga) desa yang terletak di Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara menggelar Pelatihan Pestisida Nabati selama tiga hari, dibuka oleh Camat Wakorumba Utara Laode Salama, S. Sos, Kamis (12/12/2019).

Dalam Sambutannya Camat Laode Salama, menjelaskan bahwa pelatihan ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menggunakan bahan-bahan organik/alami untuk menyuburkan tanamannya sehingga nantinya produktivitas hasil pertanian meningkat tanpa merusak lingkungan.

“Agar kegiatan ini nantinya bisa meningkatkan produksi hasil pertanian anpa merusak lingkungan,” ujar Laode Salama.

Tiga desa yang telah melakukan pelatihan adalah Desa Laeya, Desa Labuko Dan Desa Matalagi. Di Desa Laeya, materl pelatihan berupa pembuatan dan pemakaian Pestisida Nabati serta praktek lapangan, dilanjutkan di Desa Labuko dimana di desa ini masyarakat dilatih tentang pembuatan pupuk organik serta pestisida nabati. Sementara itu di Desa Matalagi materi pelatihan juga mengenai pestisida nabati dan pupuk organik. Di desa ini sekaligus dibentuk kelompok wanita tani (KWT) yang akan fokus memanfaatkan lahan pekarangan untuk tanaman sayuran Dan obat-obatan serta aplikasi pestisida nabati.

Sebagai penyelenggara kegiatan, tiga desa bersepakat mendatangkan tenaga ahli dan trainer dari lingkup Universitas Haluoleo Kendari yakni, Ir. Terry Pakki, MS, Ir. Mariadi, MS Dan Waode Rulia, SP, yang pembiayaannya di danai melalui Dana Desa. Ema/ade

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close